Date Palm Dates Dried Fruit

Sejarah dan Khasiat Buah Kesukaan Rasulullah, Kurma

Assalamualaikum Sobat DuHa! Sobat DuHa pasti pernah dong nyobain kurma? Kurma merupakan salah satu makanan kesukaan Rasulullah SAW lho, jadi yang belom pernah nyobain mungkin ada baiknya dicoba agar kita tahu bagaimana rasanya makanan yang Rasulullah SAW sukai ini.

Pada kesempatan kali ini, admin DuHa akan menjelaskan sedikit tentang buah tersebut. Mulai dari sejarahnya, khasiatnya, sampai penggunaan pelepah kurma itu sendiri.

Dikutip dari bailtulmaqdis.com;

“Para ilmuwan masih berselisih pendapat tentang asal – muasal buah ini.

Menurut Erdowardo Bakari, pakar tumbuhan palem asal Italia yang dikutip oleh Dr. Ahmad Syauki Ibrahim, dalam buku Mausu’ah Al ‘I’jaz Al-Ilmi Fil Hadits An-Nabawi atau ditranslasikan Ensiklopedia mukjizat ilmiah hadits nabi dijelaskan bahwa ada beberapa jenis kurma yang tidak tumbuh dengan baik kecuali di daerah subtropis yang memiliki curah hujan yang sangat jarang dan akar – akar pohon jenis tersebut membutuhkan air yang cukup sehingga ia berjuang melawan kadar air asin

Menurut Dr. Ahmad Syauki Ibrahim, penjelasan Erdowardo tadi menunjukkan bahwa asal mula pohon kurma dari daerah teluk Arab karena karakteristik daerah yang disebutkan Erdowardo Bakari hanya terletak di daerah sepanjang pesisir teluk Arab dan selatan India atau yang beriklim serupa adalah lembah antara sungai Tigris dan lembah sungai Nil” (Sumber : baitulmaqdis.com/mukjizat-islam/biologi/sejarah-pohon-kurma)

Dari kutipan tersebut, kita tahu bahwa kurma berasal dari daerah Arab, tidak heran kalau kita memang sering menyebut kurma itu makanan dari Arab. Dan kurma memiliki karakteristik unik, dimana pohon kurma tumbuh justru di daerah yang memiliki curah hujan yang sangat jarang, sangat berbeda dengan pohon lain yang butuh hujan secara teratur. Karakteristik yang cocok dengan area sekitar, rasanya yang enak, dan manfaat yang banyak inilah yang membuat kurma menjadi pilihan favorite orang di jazirah Arab.

Manfaatnya sangat banyak,

  1. Menjaga Kesehatan
  2. Mengandung Serat yang Tinggi, sehingga melancarkan buang air dan menjaga usus
  3. Mengatasi Anemia
  4. Menambah Stamina
  5. Baik Untuk Mata
  6. Mengatasi Rasa Pusing
  7. Mencegah Kanker
  8. Mengobati Diare

Bahkan karena Rasulullah SAW senang memakannya ada beberapa yang berpendapat bahwa memakan kurma merupakan sunnah. Buah ini juga dapat disimpan sepanjang tahun tidak seperti buah lainnya.

Bukan hanya buahnya, bahkan seluruh pohonnya dapat diambil manfaatnya; seperti batang dari pohon ini dapat dijadikan kayu sebagai bahan membuat rumah ataupun peralatan lainnya. Pelepahnya dapat juga digunakan sebagai atap rumah, ataupun tikar, bahkan salah satu mesjid pertama di zaman Rasulullah SAW memiliki atap dari pelepah kurma.

Setelah penjelasan diatas, kita tahu bahwa kurma sangat bermanfaat, terutama buahnya. Sobat DuHa yang sudah pernah coba pasti suka, dan yang belum pernah coba harus dicoba nih. Dunia Halal menyediakan berbagai macam kurma, ada yang bentuk seperti obat, dan ada juga kurma yang bisa dimakan langsung, ada juga yang berbentuk minuman segar.

Sobat DuHa bisa check langsung di DuniaHalal.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *